Rabu, 11 Desember 2019

Kenali Rhinitis dan Penyebabnya


Kenali Rhinitis dan Penyebabnya

Mungkin Anda semua pernah mendengar kata rhinitis. Namun sebenarnya apakah kalian tahu apa itu rhinitis, dan khususnya rhinitis alergi. Rhinitis alergi merupakan sebuah reaksi alergi yang terjadi ketika sistem kekebalan tubuh atau sistem imun bereaksi secara berlebihan terhadap zat yang masuk ke dalam rongga hidung. Ada banyak hal yang mengakibatkan hal ini dapat terjadi. Diantaranya seperti masuknya partikel kecil seperti serbuk sari dan debu halus ke dalam hidung. Selain itu, polusi udara juga dapat mengakibatkan rhinitis alergi, apalagi buat kalian yang tinggal di kota-kota besar yang setiap hari terpapar polusi udara yang keluar dari asap kendaraan maupun pabrik.

            Penyakit ini sendiri terbagi menjadi dua macam, yaitu yang terjadi secara musiman atau disebut hay fever dan rhinitis alergi perennial yang terjadi sepanjang tahun. Hay fever biasanya terjadi apabila penderita sedang beraktivitas di luar ruangan. Sedangkan untuk rhinitis alergi perennial biasanya disebabkan oleh alergi terhadap sesuatu, seperti alergi debu, bulu dan kulit hewan peliharaan, dan jamur.

            Terkadang rhinitis alergi juga dapat terjadi karena kondisi lingkungan yang tidak bersih. Salah satunya jikalau kalian malas untuk membersihkan tempat tidur. Hal tersebut dapat memicu tungau yang muncul di alat tidurmu. Nah, tungau yang terhirup dan masuk ke dalam rongga hidung dapat menyebabkan penyakit ini.

            Selain itu juga terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan penyakit ini dapat menyerang tubuh kita. Seperti paparan asap rokok walaupun kita sendiri tidak merokok, termasuk asap dan polusi udara yang tadi sudah disebutkan. Suhu dingin dan lingkungan yang lembab juga menjadi faktor pemicu penyakit ini menyerang tubuh kita.

            Banyak jenis obat yang berguna untuk menyembuhkan penyakit ini. Seperti antihistamin yang dapat dikonsumsi untuk mengurangi bersin dan meredakan hidung gatal dan tersumbat. Adapula kortikosteroid yang berguna untuk mengurangi reaksi peradangan pada hidung sehingga dapat meredakan gejala rhinitis alergi. Agar terhindar dari berbagai bentuk penyakit, kita dapat membaca berbagai macam tips untuk kesehatan termasuk tentang artikel rhinitis alergi di portal kesehatan gue sehat.
           

0 komentar:

Posting Komentar