Jumat, 29 November 2019

Jika Kamu ingin Kursus Musik, Kamu Wajib Tahu 7 Jenis Musical Instrument Ini!




Jika Kamu ingin Kursus Musik, Kamu Wajib Tahu 7 Jenis Musical Instrument Ini!
sumber: alatmusiklagu.wordpress.com

Tahukah kamu bahwa alat musik dibagi menjadi tiga berdasarkan fungsinya, yaitu alat musik harmonis, melodis dan ritmis. Alat musik harmonis digunakan untuk memainkan gabungan atau akor dari beberapa macam nada sekaligus. Sedangkan alat musik melodis biasanya digunakan untuk memainkan melodi pertama dari sebuah lagu. Kemudian alat musik ritmis berfungsi sebagai mengatur tempo yang tidak memiliki tangga nada lengkap. Untuk cara memainkannya pun sangat beragam sesuai dengan alat musiknya. Agar kamu tahu lebih jelasnya, simak artikel berikut ini.

1. Gitar

sumber: cnnindonesia.com

Gitar merupakan salah satu alat musik yang sangat terkenal di dunia. Memiliki bentuk seperti angka 8, kepala gitar memiliki pemutar untuk memutar senar dengan leher yang panjang. Gitar juga memiliki senar 6 terbuat dari bahan dasar string (kawat) dan nilon. Bunyi yang dihasilkannya pun berasal dari getaran senar yang beresonansi dengan rongga udara di tubuh gitar. Sekarang ini sudah ada gitar elektrik yang tidak memerlukan ruang resonansi lagi. Selain itu, gitar pun bisa dimainkan dengan semua jenis musik sehingga gaya memainkan nya dapat di sesuaikan agar lebih tepat.

2. Piano

sumber: diansetiadi211500028.wordpress.com

Siapa yang tidak mengenal piano? Alat musik dengan papan berwarna putih dan hitam seringkali dimainkan untuk orkestra, band dan solo. Sekarang ini piano sudah berkembang menjadi piano elektrik dan keyboard. Cara memainkan piano, yaitu cukup menekan tuts (papan putih dan hitam). Sebenarnya, saat pemusik menekan tuts maka piano akan menggerakan semacam palu yang terbuat dari kayu, sehingga terkena senar dan pada akhirnya menimbulkan bunyi.

3. Harmonika

sumber: duniadanwarnaharmonika.blogspot.com

Alat musik satu ini dimainkan dengan cara disedot dan ditiup. Memiliki bentuk yang sangat sederhana, berbentuk balok dengan lubang-lubang kecil. Harmonika pun sering dimainkan dalam band seperti grup musik, solo, ansambel dan lain-lainya.




4. Marimba

sumber: galerimusikindonesia.com

Keempat, marimba merupakan alat musik instrumen yang terbuat dari kayu dengan resonator pipa di bawah kayu balok. Alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul menggunakan mallet yang telah dilapisi benang atau karet. Susunan nadanya pun sama seperti piano, hanya saja marimba disusun dua tingkat agar memisahkan nada kromatis dan nada standar. Alat ini juga dimainkan secara marching band, solo, orkestra, serta duet (1 marimba ada  2 orang pemain).

5. Harpa

sumber: apamengapadanbagaimana.blogspot.com

Alat musik satu ini bukanlah barang murah, sehingga di Indonesia sangat sedikit pemainnya. Harpa merupakan salah satu alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik. Kemudian memiliki 21-48 senar, tetapi tergantung dengan ukuran harpanya. Meski harus menggunakan senar, alat musik harpa yang dimainkannya tidak seperti gitar dimana tangan kanan memetik senar dan tangan kiri menekan. Harpa dimainkan dengan tangan kiri dan kanan, prinsipnya seperti dengan bermain piano.

6. Drum

sumber: galerimusikindonesia.com

Walaupun harganya dibilang cukup terjangkau dibanding alat musik lainnya, drum memiliki fitur yang profesional sekali sehingga bisa menghasilkan suara dengan besar, tebal, dan bagus. Desainnya pun memberikan kesan futuristis dan cukup unik loh. Kemudian dilengkapi dengan drum powerful suara bass. Untuk yang baru pemula belajar alat musik, drum ini sangat cocok digunakan.

7. Biola


sumber: lenteratralala.blogspot.com

Yang terakhir, biola ini memang dihadirkan khusus pemula. Dibuat dari cemara berkualitas dan kayu maple membuat biola nyaman untuk digunakan. Saat membelinya, kamu akan mendapatkan kotak penyimpanan agar mudah dijaga atau dibawa kemana saja dan terhindar dari berbagai macam benturan.

Itulah 7 alat musik yang perlu kamu tahu terlebih dahulu jika ingin kursus musik. Sebelum kamu membelinya, terlebih dahulu harus melihat rekomendasi di atas, agar spesifikasi dan kualitasnya tidak akan mengecewakanmu.

0 komentar:

Posting Komentar