Selasa, 09 April 2019

Tips Membersihkan Jendela yang Efektif

Tips Membersihkan Jendela yang Efektif

Sebagian orang menganggap bahwa membersihkan jendela merupakan aktivitas yang membosankan. Anda harus membuatnya menjadi kegiatan yang menyenangkan.

Supaya pekerjaan membersihkan jendela berlangsung efektif dan efisien, ikuti petunjuk dari seorang ahli bernama Carolyn Forte yang merupakan Director of the Good Housekeeping Institute Cleaning Lab.

Simak sarannya berikut ini:

1. Kerjakan saat cuaca cerah

Membersihkan jendela seharusnya dilakukan saat matahari sedang bersinar terik. Maka dari itu, proses pembersihan harus dilakukan secepatnya.

Terlebih lagi, meski sekarang ini sedang musim hujan, tetapi kadang-kadang mendadak cuaca berubah mendung dan turun hujan.

2. Bersihkan kotoran dan debu terlebih dahulu

Mulailah dengan membersihkan kotoran di bingkai jendela dengan sikat atau menyedot debu menggunakan alat pengisap debu.

Ini akan mencegah kotoran tersebut menggumpal saat dicampur dengan cairan pembersih.

Jika kaca jendela Anda terlihat sangat kotor, bersihkan dengan air panas menggunakan kain lap atau sikat yang lembut, lalu bilas dan biarkan kering.

Untuk gorden yang cepat berdebu, sebaiknya menggunakan kain mikrofiber untuk membersihkan kedua sisinya.

Namun, sebelumnya lepas dahulu gorden itu dari bingkai jendela, lalu bersihkan dengan kain mikrofiber tadi, mulai dari yang basah lalu diikuti yang kering.

Anda juga dapat menyegarkan gorden itu dengan mengeringkannya melalui embusan angin selama 15 menit atau sampai kering.

Kemudian, gantunglah kembali dengan cepat untuk mencegahnya agar tidak berkeriput.

3. Pilih pembersih yang tepat dan semprotkan dengan pas

Jangan menahan semprotan, apalagi jika jendela Anda terlihat sangat kotor. Anda membutuhkan banyak larutan pembersih dan harus menyemprotkannya persis pada kotoran sehingga bisa sepenuhnya dihapus.

4. Gunakan kain mikrofiber

Beberapa orang suka mengeringkan panel jendela dengan koran, tetapi lebih baik Anda menggunakan kain mikrofiber.

Kain ini mudah menyerap, bisa dicuci, serta membuat kaca lebih mengilap dan bebas dari goresan.

Beberapa merek kain ini memiliki tekstur sarang lebah yang berguna untuk menyerap bintik-bintik air, noda, dan kotoran dari cermin dan kaca tanpa goresan.

Jika Anda lebih suka menggunakan tisu, pilihlah merek yang bagus kualitasnya. Tisu yang tipis dan lemas justru bisa merusak dan meninggalkan serat.

5. Hindari menggunakan "squeegee"

Squeegee merupakan alat pembersih kaca berupa pisau rata yang ujungnya terbuat dari karet. Gunanya untuk menghapus cairan dan kotoran dari permukaan datar. 

Orang yang membersihkan jendela dengan alat ini harus bisa menggunakannya dengan benar. Termasuk mengetahui aliran air yang menempel pada alat itu dan ke mana arah debu yang dibersihkan.

Penggunaan squeegee lebih disarankan untuk jendela berukuran besar, sedangkan pada jendela berukuran kecil akan lebih merepotkan karena tetesan airnya.

6. Buat jadwal

Anda hanya perlu membersihkan jendela satu atau dua kali dalam setahun. Bahkan akan lebih mudah jika Anda melakukannya di rumah dari satu kamar ke kamar lainnya.

Saat Anda membersihkan jendela, usap salah satu sisinya secara horizontal dan sisi lainnya secara vertikal.

Jika ada garis-garis yang tersisa, Anda akan mudah mengetahui apakah di bagian luar atau dalam jendela.

0 komentar:

Posting Komentar