Kamis, 17 Januari 2019

Durasi Jalan Kaki Buat Kamu yang Turunin Berat Badan

Durasi Jalan Kaki Buat Kamu yang Turunin Berat Badan

Jalan kaki adalah jenis olahraga sederhana yang bisa dilakukan siapa saja. Walau begitu, jika dilakukan dengan tepat, jalan kaki bisa membantu seseorang meraih bentuk tubuh ideal.

Tentunya tidak sembarang jalan kaki. Namun, kamu tidak perlu juga jalan kaki hingga berjam-jam jika ingin menurunkan berat badan.

Jadi, berapa durasi yang tepat?

Nicolette Amarillas, seorang corrective exercise specialist bersertifikasi ACE dan NASM menjelaskan, jalan kaki 30 menit atau lebih bisa menjadi target harianmu.

"Tubuh akan beradaptasi dengan jenis olahraga apapun. Jadi, tidak hanya durasi yang perlu diperhatikan melainkan rutinitas dan kontinuitasnya," kata Nicolette.

Jalan kaki beberapa kali dalam seminggu mungkin bisa memberikan hasil yang baik, namun Nicolette menganjurkan agar setiap orang berusaha jalan kaki setiap hari untuk hasil yang terbaik. Bahkan ketika kita masih menyesuaikan intensitasnya.

Jika targetmu adalah berat badan, kecepatan jalan kakimu harus terus berubah dan tidak diam pada satu kecepatan yang sama di 30 detik hingga semenit awal.

"Contohnya, dalam 30 detik awal kamu jalan kaki dengan kecepatan dimana kamu masih bisa ngobrol, lalu kemudian memercepat kecepatannya selama satu menit dan memvariasikan keduanya," kata Nicollete.

Kamu juga bisa memadukannya dengan target lain. Misalnya, pada hari senin mencoba jalan kaki menanjak dan Selasa untuk speed walking.

Pola ini akan membuatmu patuh mengikuti sebuah perencanaan. Jangan khawatir jika kamu perlu menurunkan intensitas atau beristirahat pada hari tertentu jika tubuhmu sedang membutuhkannya.

0 komentar:

Posting Komentar